Beranda

Sabtu, 09 Maret 2013

Alam Semesta, Manusia, Dan Agama Islam


ALAM SEMESTA, MANUSIA, DAN AGAMA ISLAM

Definisi Alam semesta :
Menurut ilmuwan Kosmologi, ada 2 teori tentang susunan alam semesta, yaitu :
1.      Teori “steady state” : kerapatan jagat raya ini tetap, tidak berubah, konstan. Jagat raya tampak sama sepanjang masa
2.      Teori “Un Steady State” atau “Big Bang Theory” : Galaksi bergerak saling menjauh, setelah pada awalnya jarak antaara galaksi lebih dekat, dan sampai pada masa sebuah titik dengan kerapatan tak terhingga,hingga akhirnya terjadi satu ledakan dahsyat

Pandangan Islam tentang Alam Semesta :
Al-qur’an tidak membicarakan asal mula alam semesta secara detail, namun dalam bentuk isyarat-isyarat yang menggambarkan penciptaan alam semesta melalui proses bertahap dan memerlukan waktu(QS.Hud,11:7)
Menurut Al-Baiquni : Bumi dan langit (jagat raya) awalnya sesuatu yang padu, kemudian terpisah membentuk alam jagat raya, bahwa sekitar 15 milyar tahun yang lalu, alam semesta ini, energi materi dan ruang waktu, keluar dengan kekuatan yang sangat dahsyat dari satu titik singularitas dengan temperatur dan kerapatan yang sangat tinggi. (QS. Al-Anbiyaa,21:30)

Manusia Menurut Agama Islam :
Segi penyebutan nama ada 5 sebutan nama untuk manusia dalam Al-Qur’an :
1.      Bani Adam – aspek historis (7:31)
2.      Basyar  - aspek biologis (23:33)
3.      Insan – aspek kecerdasan (55:3-4)
4.      An-Naas – aspek sosiologis (2:21)
5.      Abdun – aspek posisinya (34:9)

Misi dan fungsi penciptaan manusia yaitu untuk Ibadah, penghambaan diri kepada Allah. Ibadah tidak hanya aspek ritual, tapi ketundukan manusia kepada hukum-hukum Allah baik menyangkut hub. vertikal maupun horisontal.

Agama Islam dan Klasifikasi Agama
Definisi Agama islam,menurut bahasa bersih, selamat, perdamaian, keamanan, menyerahkan diri, tunduk dan taat, sejahtera, tidak tercela/selamat. Menurut istilah adalah agama yang diturunkan Allah kepada manusia melalui rasulnya yang berisi hukum-hukum yang mengatur hubungan manusian dengan Allah, dengan sesama, dan dengan alam semesta.

Klasifikasi Agama
Secara umum, dikelompokkan menjadi 2 macam :
1.      Agama Ardhi = agam budaya = berasal dari olah pikir manusia, seperti Hindu, Budha, Konghucu, Shinto. Ciri Agama Ardhi : bersifat politeistik (percaya beberapa tuhan/ dewa), menggunakan nama pembawa/pencetusnya.
Agama Samawi = agama wahyu = berasal dari Allah, seperti Islam, Yahudi, Nasrani. Ciri agama Samawi : bersifat Monoteistik (menyakini hanya satu tuhan, tidak menggunakan nama rsul pembawanya.
anjarimb.blogspot.com 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google+ Followers